Public, Protected, Private pada OOP - nblognlife

Public, Protected, Private pada OOP

          Pemrograman Berorientasi Objek (OOP atau Object Oriented Progamming) merupakan suatu pemrograman yang berorientasikan pada objek. Pada OOP semua data dan fungsi disimpan dalam suatu objek-objek atau kelas. Tujuan diciptakannya OOP adalah untuk mempermudah dalam pengembangan suatu program/software. 

          Sebagai contoh konsep OOP dalam dunia nyata adalah pembuatan mobil dimana mobil memiliki beberapa bagian-bagian dan setiap bagiannya dikerjakan secara terpisah. Setelah setiap bagian selesai dikerjakan barulah bagian-bagian tersebut digabungkan untuk kemudian digunakan membentuk sebuah mobil. Pembuatan mobil yang dilakukan dari pembuatan per-bagian-bagian mobil ini tentunya akan mempermudah pendeteksian kesalahan jika suatu saat ada bagian yang tidak berfungsi  dengan semestinya. Sama halnya dengan pengembangan suatu program/ sofware, jika dilakukan dengan OOP maka pendeteksian kesalahan akan lebih mudah dilakukan.
       
          Selain mudahnya pendektesian kesalahan, OOP juga bermanfaat jika suatu saat kita ingin menggunakan kembali objek yang telah kita buat sebelumnya, istilah ini biasa dikenal dengan "reused". Dengan keuntungan lain ini tentu akan menghemat waktu kita dalam mengembangkan suatu program/ software. 

Public, Protected, Private pada OOP

Saat mempelajari OOP (Object Oriented Programming) pasti kita akan sering menjumpai tiga keyword ini "Public, Protected, dan Private". Lalu untuk apa keyword-keyword ini? Berikut penjelasan dari ketiganya.

1. Public 
Keyword public menyatakan bahwa semua anggota yang berada dalam lingkungan public ini dapat diakses di luar kelas yang mendefinisikannya. 

2. Protected
Protected menyatakan bahwa semua anggota yang berada dalam lingkungan protected hanya dapat diakses oleh kelas yang mendefinisikannya dan kelas turunannya (sub-class).

3. Private 
Private menyatakan bahwa semua anggota yang berada dalam lingkungan private hanya dapat diakses oleh kelas yang mendefinisikannya. "Private dapat diibaratkan dengan suatu klub yang diperuntukkan bagi anggotanya saja. Semua fasilitas klub dapat diakses oleh anggota klub. Tetapi tidak demikian halnya dengan orang luar (bukan anggota klub)."

[RS]

Klik Like & Share jika postingan ini bermanfaat
Apa tanggapan Anda?

Berikan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang telah disediakan.
- Gunakan bahasa yang sopan;
- Saat menjadikan postingan pada blog ini sebagai referensi, jangan lupa mencantumkan sumbernya (link dari blog ini).

Jika blog ini bermanfaat jangan lupa memberikan 'like' atau 'share' untuk mendapatkan update terbaru.

Terima kasih

0 Response to "Public, Protected, Private pada OOP"