Mengenal Istilah Debugging - nblognlife

Mengenal Istilah Debugging

            Debugging adalah suatu proses yang bertujuan untuk mencari dan mengurangi bug, atau kesalahan yang muncul pada perangkat keras atau perangkat lunak sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai yang diharapan.

Mengenal Istilah Debugging

Apa itu Bug ?
Bug (kutu atau serangga) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu kesalahan atau masalah pada perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software/aplikasi) yang mengakibatkan peralatan atau program tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kenapa dinamakan Bug?
Sejarahnya begini :
Tahun 1945 sewaktu ukuran komputer masih sebesar kamar, pihak militer Amerika Serikat menggunakan komputer yang bernama "Mark 1". Suatu hari komputer ini tidak berfungsi dengan semestinya, setelah komputer itu diperiksa ternyata ada suatu bagian perangkat keras di mana terdapat serangga yang tersangkut. Setelah serangga itu diangkat dari perangkat keras, komputer dapat berfungsi dengan baik. Maka sejak saat itu kata kekutu lekat dengan masalah-masalah pada komputer. (Wikipedia Indonesia)”

Suatu proses debugging akan menghasilkan salah satu dari dua hasil berikut :
1. Bug ditemukan, kemudian dikoreksi dan dihilangkan, atau
2. Bug tidak ditemukan.

Saat bug tidak ditemukan setelah proses debugging, maka programmer harus melakukan koreksi atau analisa sendiri apa yang menyebabkan terjadinya bug, dan membuat suatu test case untuk mendukung analisanya. Proses koreksi dilakukan secara  iteratif (diulang-ulang sampai menemukan bug).

[RS] 

Klik Like & Share jika postingan ini bermanfaat
Apa tanggapan Anda?

Berikan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang telah disediakan.
- Gunakan bahasa yang sopan;
- Saat menjadikan postingan pada blog ini sebagai referensi, jangan lupa mencantumkan sumbernya (link dari blog ini).

Jika blog ini bermanfaat jangan lupa memberikan 'like' atau 'share' untuk mendapatkan update terbaru.

Terima kasih

0 Response to "Mengenal Istilah Debugging"