Error – Syntax, Run-time, Logical - nblognlife

Error – Syntax, Run-time, Logical

Error – Syntax, Run-time, Logical



           Error bukan hal yang asing lagi untuk seorang programmer. Hampir tidak ada proses pembuatan program/aplikasi tanpa mengalami kesalahan-kesalahan pemrograman. Apalagi jika program yang dirancang merupakan program besar, kemungkinan adanya kesalahan(error) juga bertambah banyak.  Jenis error pada pemrograman bisa berupa Syntax Error, Run-time Error, dan Logical Error.

Syntax Error
Kesalahan yang paling sering dilakukan saat pembuatan program, tapi paling mudah diselesaikan. Syntax error, merupakan kesalahan yang terjadi pada code program, kesalahannya disebabkan karena kode yang diketikkan tidak sesuai dengan aturan/tata cara penulisan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman yang sedang digunakan.
Contoh Syntax Error
  • Pada C++, baris kode harus selalu diakhiri dengan (;). Jika tanda ini tidak disertakan maka akan terjadi kesalahan, karena tidak sesuai dengan aturan pengkodean pada C++.
  • Kesalahan penulisan keyword (perintah baku yang telah disediakan oleh bahasa pemrograman)

Run-time Error
Merupakan kesalahan yang terjadi saat program sedang berjalan. Misalkan, kesalahan saat pengalokasian memori atau bisa terjadi ketika program hendak mengakses suatu file namun file tidak ditemukan.

Logical Error
Kesalahan ini merupakan kesalahan logika pemrograman. Logical Error adalah jenis kesalahan yang paling sulit ditemukan karena tidak ada pesan kesalahan, namun hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contoh sederhana adalah terjadi kesalahan hasil perhitungan.

[RS]

Klik Like & Share jika postingan ini bermanfaat
Apa tanggapan Anda?

Berikan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang telah disediakan.
- Gunakan bahasa yang sopan;
- Saat menjadikan postingan pada blog ini sebagai referensi, jangan lupa mencantumkan sumbernya (link dari blog ini).

Jika blog ini bermanfaat jangan lupa memberikan 'like' atau 'share' untuk mendapatkan update terbaru.

Terima kasih

2 Responses to "Error – Syntax, Run-time, Logical"

  1. Sebaiknya disertakan gambar agar lebih mudah dimengerti :)

    ReplyDelete